Peran Guru Sebagai Pengajara dan Pelatih

Peran Guru Sebagai Pengajara dan Pelatih

Perubahan paradigma kependidikan, yakni dari konsep guru mengajar dan murid belajar menjadi guru membelajarkan peserta didik serta penganggapan siswa sebagai peserta didik, objek didik, menjadi subjek didik, menuntut peran guru sebagai pengajar/pelatih untuk mengurangi dominasi peran didalam kelas dan lebih menonjolkan peran-perannya.
Guru sebagai fasilitator yaitu mengusahakan sumber belajar yang menunjang pencapaian tujuan pembelajaran, yang membimbing siswa kearah yang lebih baik dan mengusahakan kemudahan anak untuk belajar yang menjunjung keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran, serta guru sebagai mediator yaitu guru yang kreatif dalam memilih dan menggunaka media pembelajaran yang tepat dan menarik minat siswa dalam proses pembelajaran, selain itu guru juga menjadi pengelola kelas (Learning manager), yaitu mengusahakan terciptanya kondisi belajar dikelas yang optimal dan menyenangkan bagi siswa, guru sebagai motivator yitu memberikan dorongan semangat terhadap belajar siswa agar dalam proses belajar anak menjadi lebih semngat dan bergairah dalam belajar atas dorongan dan kemauannya sendiri dan mereka menjadi sadar bahwa belajar adalah demi kepentingan masa depan dirinya, guru sebagai exsekutor yaitu mengevaluasi proses dan hasil belajar siswa serta proses pembeljaran oleh guru sendiri dalam rangka memperoleh balikan yang dapat digunakan untuk merevisi strategi pembelajaran yang lebih tepat. Peranan sebagai guru sebagai exsekutor yaitu:
Transmitter yaitu memindahkan nilai-nilai atau pun ilmu pengetahuan kepada siswa. Demonstrator yaitu penampilan sebagai pengajar atau penceramah didepan kelas. Informatory yaitu sebagai juru penerang yang memberikan pesan-pesan kepada siswa. Organisator yaitu pengatur lalulintas belajar siswa. Director yang memberi pentunjuk yang wajib dipatuhi siswa: dan Inisitator yaitu memeriksa tunggal tentang kegiatan-kegiatan siswa.  
    
   
 Refernsi:
Hosnan, M. 2016. Etika Profesi Guru. Bogor: Ghalian Indonesia                   


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemikiran Richard L. Lanigan

Fungsi Batin Terhadap Pembentukan Kepribadain

Pertanyaan Filsafat Imanuel Kant