Hakikat Filsafat Ilmu

Hakikat Filsafat Ilmu
Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis, dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Filsafat tidak di dalami dengan melakukan eksperimen-eksperimen, dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk itu, memberikan argumentasi, dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu. Ilmu adalah pengetahuan sistematis alamiah. Menurut para ahli ilmu adalah sebagai berikut:
M. Izuddin Tufiq Ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya.
Thomas Khaun Ilmu adalah himpunan aktivitas yang menghasilkan banyak penemuan, baik dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya.
Dr. Maurice Bucaille Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.
Filsafat ilmu merupakan penerusan perkembangan filsafat pengetahuan. objek dari filsafat ilmu yaitu pengetahuan, oleh karena itu setiap saat ilmu berubah mngikuti perkembangan zaman dan keadaan. Pengetahuan lama menjadi pijakan untuk mecari pengetahuan yang baru. Sebagai manusia kita hendaknya sadar atas kemampuan otak kita dalam memperdalam ilmu pengetahuan. dan manusia tidak akan pernah menguasai pengetahuan di alam ini. Maka untuk mempermudah manusia dalam mengkaji ilmu, ruang-ruang penjelajahan, keilmuan dibagi menjadi semakin sempit sesuai dengan perkembangan disiplin dari suatu ilmu, namun kajiannya akan semakin dalam.  
Berbicara tentang kebenran ilmiah, tidak bisa dilepaskan dari makna dan fungsi ilmu itu sendiri sejauh mana dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh mnusia. Disamping itu, proses untuk mendapatkannya haruslah melalui tahap-tahap metode ilmiah, secara umum seseorang merasa bahwa tujuan pengetahuan yaitu untuk mencapai kebenaran.
Kebenaran merupakan suatu hal yang mutlak diperlukan untuk membuktikan suatu kebenaran dari teori ataupun pengetahuan yang kita dapatkan. Namun kebenaran itu sendiri merupakan suatu bentuk dari rasa ingin tahu setiap individu. Rasa ingin tahu itu sendiri merupakan terbentuk dari adanya akal yang dimiliki manusia yang selalu ingin tahu, ingin selalu mencari, memahami, serta memanfaatkan kebenaran yang telah ia dapatkan dalam hidupnaya.
Manusia selalu mencari kebenaran, jika manusia mengerti dan memahami kebenaran, sifat asasinya terdorong pula untuk melaksanakan kebenaran itu. Dan sebaliknya pengetahuan dan pemahaman tentang kebenaran, tanpa melaksanakan konflik kebenaran mansusia akan mengalami pertentangan batin, konflik fsikologis. Karena didalam kehidupan manusia sesuatu yang dilakukan harus diiringi dengan kebenaran jalan hidup yang dijalaninya, dan manusia tidak akan bosan untuk mencari kenyataan dalam hidunya dimana selalu ditunjukan oleh kebenaran itu. Misalnaya pada tingkat kebenaran indar, potensi subjek yang menangkap yaitu pancaindra. Kebearan itu merupakan fungsi kejiwaan rohaniah dan manusia selau mencari kebenaran tersebut. Jadi hakikat filsafat ilmu adalah analisis mengenai ilmu pengetahuan, bagaimana cara ilmu pengetahuan diperoleh. Jadi fisafat ilmu adalah fenomena kehidupan pemikiran manusia yang secara kritis dan logis.

Diperoleh dari:

Latif, Mukhtar.2014. Orientasi Ke Arah Pemahaman Filsafat Ilmu. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP

Webbsite:

Anonim.          . pengertian definisi ilmu menurut para ahli. Diperoleh dari https://carapedia.com




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemikiran Richard L. Lanigan

Fungsi Batin Terhadap Pembentukan Kepribadain

Pertanyaan Filsafat Imanuel Kant