perangkat microteaching (kelas 4, tema 3, subtema 1, pembelajaran 3)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

SATUAN PENDIDKAN                 : SDN 2 Bojongmenteng

KELAS / SEMESTER                     : IV (Empat) / 1

TEMA 3                                             : Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Subtema 1                                          : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran                                    : 3

Alokasi Waktu                                   : 1 x Pertemuan (1 x 35 menit)

 

A.    KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1        : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2        : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.

KI 3        : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

KI 4        : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR

IPA

Kompetensi Dasar

3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.

4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.

Indikator

3.8.1 Mengidentifikasi struktur bagian tumbuhan melalui gambar media yang telah di siapkan oleh guru.

4.8.1 Mengetahui fungsi bagian-bagian tumbuhan

4.8.2 Memperaktekan upaya pelestarian sumberdaya alam dengan menanam tumbuhan di kelas. 

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

3.3   Mengenali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif bentuk teks tulisan.

Indikator

3.3.1 Mengidentifikasi tokoh melalui pengamatan tumbuhan yang di perlihatkan oleh guru melalui media big book’s.

3.3.2 Memperluas pengetahuan dengan menjawab pertanyaan yang disajikan dalam bentuk LKS.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Setelah mengamati gambar-gambar bagian-bagian tumbuhan, siswa mampu mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dengan benar.

2.      Setelah mengamati bagian-bagian tumbuhan siswa mampu menulis laporan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dengan benar.

3.      Setelah mengetahui bagian-bagian tumbuhan siswa dapat melakukan upaya pelstarian lingkungan dengan menanam tanaman bersama dikelas.

4.      Setelah membaca dan mengamati gambar yang ada di media siswa dapat membuat daftar pertanyaan dan menjawab pertanyaan 

D.     MATERI PEMBELAJARAN

1.      Gerak dasar (Jalan, lari, lompat, lempar, menekuk, mengayun, memilin, meregang, melempar, menangkap, memantul, menendang) dalam bentuk permainan

2.      Dongeng

E.     MODEL, PENDEKATAN, DAN METODE PEMBELAJARAN

1.      Model Pembelajaran             : Picture and Picture

2.      Pendekatan Pembelajaran   : Inkuairi

3.      Metode Pembelajaran           : Kombinasi, Exsperimen

F.     MEDIA DAN SUMBER BEAJAR

1.      Media                         : Big Book’s

2.      Sumber Belajar         : Buku guru dan Buku Siswa BSE

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

F  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Dengan dipimpin oleh salah satu siswa.

F  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

F  Guru menanyakan pembelajaran minggu sebelumnnya.

F  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit

Inti

Menanya

F  Sebagai pembuka kegiatan berikut, guru bertanya tumbuhan apa saja yang mereka lihat ketika berangkat sekolah.

F  Guru bertanya apa saja bagian-bagian pada tumbuhan yang mereka lihat.

F  Siswa menyebutkan bagian-bagian tumbuhan berdasarkan apa yang di lihat oleh siswa

Mengekplorasi (mengumpulkan informasi)

F  Guru memperlihatkan gambar pohon dan siswa menyebutkan urutan bagian-bagian tumbuhan bedasarkan urutannya.

F  Guru meminta salah satu siswa secara bergantian untuk membacakan fungsi bagian-bagian tumbuhan didepan menggunakan media yang telah di siapkan.

Mengasosiasi

F  Siswa diminta untuk membuat kelompok menjadi 4 kelompok.

F  Siswa melakukan upaya pelestarian lingkungan dengan mempraktikan cara penanaman pohon/biji di kelas dengan media yang telah di siapkan oleh guru. Dengan melihat pada LKS kelompok, dengan menyanikan lagu menanam jagung.

F  Salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan cara menanam jagung

F  Setelah menyampaikan hasil diskusi, siswa memperluas pengetahuan mereka dengan membaca senyap teks tentang bagian-bagian tumbuhan yang telah di bagikan oleh guru kepada setiap kelompok.

Mengamati

F  Siswa kemudian berdiskusi beberapa teman kelompok untuk menjawab pertanyaan tentang bagian tumbuhan lain yang berfungsi untuk mempertahankan kelestarian tumbuhan.

Mengkomunikasikan

F  Siswa mempresentasikan hasil jawaban kelompoknya masing-masing.

F  Guru memberi penguatan dengan hasil jawaban siswa.

Pengayaan

F  Siswa dapat membaca lebih lanjut tentang bagian-bagian tumbuhan.

 Remedial

F  Siswa yang belum mampu menyelesaikan membaca dan menjawab pertnyaan dibimbing langsung oleh guru.

35 menit x  30 JP

Penutup

F  Guru dan siswa bersama sama merangkum materi pembelajaran.

F  Siswa dan Guru merefliksi kegiatan pembelajaran.

F  Guru memberikan gambaran mengenai kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya

F  Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan membaca doa.

15    menit

 

A.    Penilaian Pembelajaran

Kognitif

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen Penilaian

Tes Tulis

PG

Penugasan

LKDP

 

Sikap

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen Penilaian

Skala Sikap

Daftar cek

 

Keterampilan

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen Penilaian

Unjuk Kerja

Daftar cek

 

 

 

 

Serang, ………………

Mengetahui,

 

Guru Praktik

Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Siti Mariyam

NIP.

 

NIM. 2227150066

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

PERANGKAT PENILAIAN

A.    Instrumen Penilaian

1.      Kisi-kisi Soal

FORMAT KISI-KISI

Jenjang Sekolah       : SDN 2 Bojongmenteng

Tema/ Subtema        : 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup / 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Kelas                         : IV

Kompetensi Inti :

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

No

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator

Bentuk Instrumen

Nomor Butir

1.

3.8Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.

 

 

Mengenal bagian-bagian tumbuhan

3.8.1Mengidentifikasi struktur bagian tumbuhan melalui gambar media yang telah di siapkan oleh guru.

4.8.1Mengetahui manfaat tumbuhan terhadap pelestarian lingkungan

 

Tulis

4

2.

4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.

 

Pelestarian Lingkungan

4.8.2 Memperaktekan upaya pelestarian sumberdaya alam dengan menanam tumbuhan di kelas.

Tulis

1

 

2.      Lembar Penilaian

a.       Penilaian Kognitif (Tes Tulis)

Soal Evaluasi

Nama                        :

Jenjang Sekolah       : SDN 2 Bojongmenteng

Tema/ Subtema        : 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup / 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Kelas                         : IV

 

b.      Penilaian Sikap (Skala Sikap)

Lembar Pengamatan Guru

No.

Nama Siswa

Pengamatan Guru terhadap Siswa

Percaya Diri

Tanggung Jawab

Kerja Keras

 

 

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c.       Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)

Melakukan kegiatan upaya pelestarian lingkungan dengan menanam tanaman.

No.

Nama Siswa

Kriteria

Predikat

Menanam tumbuhan didalam pot

Langkah-langkah kegiatan berdasarkan LKPD

Menanam tumbuhan dengan rapi

Melakukan menanam tumbuhan dengan benar

1.

 

ü   

ü   

ü   

ü   

Sangat baik

2.

 

ü   

ü   

ü   

-

Baik

3.

 

ü   

ü   

-

-

Cukup

4.

 

ü   

-

-

-

Perlu Bimbingan

5.

 

 

 

 

 

 

B.     Pedoman Penskoran

1.      Penilaian Kognitif

Skor butir benar         = 10

Skor butir salah          = 0

Rumus pengolahan data:        = 100

C.    Rubrik Penskoran

1.      Penilaian Sikap

Skor 4, apabila sikap siswa sangat membudaya.

Skor 3, apabila sikap siswa mulai berkembang.

Skor 2, apabila sikap siswa  mulai terlihat.

Skor 1, apabila sikap siswa belum terlihat.

2.      Penilaian Keterampilan

Skala Penilaian:

·         Berpredikat sangat baik, apabila siswa mendapatkan empat cek dari keempat keterampilan yang ditentukan.

·         Berpredikat baik, apabila siswa mendapatkan tiga cek dari keempat keterampilan yang ditentukan.

·         Berpredikat cukup, apabila siswa mendapatkan dua ceklis dari keempat keterampilan yang ditentukan.

·         Berpredikat perlu bimbingan, apabila siswa hanya mendapatkan satu ceklis dari keempat keterampilan yang ditentukan.


 

MEDIA PEMBELAJARAN

FORMAT 1

Jenjang Sekolah        : SDN 2 Bojongmenteng

Tema/ Subtema           : 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup / 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Kelas                           : IV

 

Kompetensi Inti         :

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Indikator                    :

3.8.1 Mengidentifikasi struktur bagian tumbuhan melalui gambar media yang telah di siapkan oleh guru.

4.8.1 Mengetahui manfaat tumbuhan terhadap pelestarian lingkungan

4.8.2 Memperaktekan upaya pelestarian sumberdaya alam dengan menanam tumbuhan di kelas.

Spesifikasi

1.      Jenis media                              : Visual diam

2.      Ukuran                                                : A0

3.      Cara penggunaan                    :

a.       Guru memperlihatkan gambar tumbuhan dan mengidentifuikasi bagian-bagian tumbuhan

b.      Guru meminta salah satu siswa untuk membaca bagian-bagian tumbuhan secara bergantian.

4.      Alat dan bahan pembuatan     :

a.       Alat: gunting, penggaris, penghapus, pensil, pensil perekat, lem.

b.      Bahan: karton, kertas, kardus, origami, kalender bekas.

5.      Cara pembuatan                      :

a.       Siapkan karton, ukur karton disesuaikan dengan gambar yang akan dibuat (daun. Batang, bunga, buah )

b.      Gambarlah daun batang, bunga, buah pada setiap karton yang sudah disiapkan.

c.       Siapkan kalender. Tempelkan daun. Batang, bunga, buah pada kalender bekas. Gambar pohon selsesai.

d.      Kemudian, tempelkan fungs bagian-bagian pada setiap bagian-bagiannya.

e.       Media siap digunakan.

6.      Desain                                     :

Description: F:\IMG_20180311_224649.jpg
 

 

 

 


 


MEDIA PEMBELAJARAN

FORMAT 2

 

Identitas

SATUAN PENDIDKAN                 : SDN 2 Bojongmenteng

KELAS / SEMESTER                     : IV (Empat) / 1

TEMA 3                                             : Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Subtema 1                                          : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Kompetensi Inti         :

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Indikator                    :

4.8.2 Memperaktekan upaya pelestarian sumberdaya alam dengan menanam tumbuhan di kelas. 

Spesifikasi

1.      Jenis media                              : visual mati

2.      Ukuran                                                : -

3.      Cara penggunaan                    :

a.       Siapkan gelas plastik bekas (untuk pot)

b.      Siapkan biji-bijian

c.       Tanah dan air

4.      Desain                                     :

Description: F:\IMG_20180312_071941.jpg
 

 

 

 


 


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

(LKDP 1)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


A.    Kompetensi Dasar

4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.

B.     Indikator

4.8.1 Memperaktekan upaya pelestarian sumberdaya alam dengan menanam tumbuhan di kelas.

C.    Tujuan Pembelajaran

1.      Setelah mengetahui bagian-bagian tumbuhan siswa dapat melakukan upaya pelstarian lingkungan dengan menanam tanaman bersama dikelas.

2.      Setelah membaca dan mengamati gambar yang ada di media siswa dapat membuat daftar pertanyaan dan menjawab pertanyaan 

D.     Materi

Upaya Pelestarian Lingkungan

Usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab kita sebagai manusia. Dalam hal ini, usaha pelestarian lingkungan hidup tidak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan masyarakat.

E.     Kegiatan :

Rounded Rectangle: Ayo Berkebun
 

 

 


1.      Ayo Bercocok Tanam

·         Siapkan pot atau gelas plastik bekas untuk di jadikan pot tanah.

·         Siapkan biji-bijian seperti jagung, kacang dan lain-lain

2.      Ayo Mencoba.

·         Isi pot dengan tanah yang sudah disiapkan

·         Masukan biji-bjian kedalam tanah yang ada di pot

·         Siram sedikit air pada pot.

 

F.     Pertanyaan

1.      Apa manfaat tumbuhan untuk kelestarian lingkungan?

2.      Bagaimana jika tidak ada tumbuhan?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

(LKDP 2)

Rounded Rectangular Callout: Kelompok	: 
Anggota	: 
		1.
2. 
3. 
4. 
5.
 

 

 

 

 

 

 

 

 


G.    Kompetensi Dasar

3.3   Mengenali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif bentuk teks tulisan.

H.    Indikator

1.      Membaca dan mengamati teks pada kolom.

2.      Menjawab pertanyaan dengan tepat dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif

I.       Tujuan Pembelajaran

1.      Setelah membaca teks pada kolom siswa mampu menjawab pertanyaan pada kolom dengan menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.

2.      Setelah mengisi pertanyaan pada LKPD, siswa mampu memahami dan membuat pertanyaan untuk membuat instrument wawancara.

J.      Materi

Wawancara

Wawancara merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi yang tepat dari narasumber yang terpercaya. Wawancara dilakukan dengan cara penyampaian sejumlah pertanyaan dari pewawancara kepada narasumber.

 

 

 

 

 

 

K.    Kegiatan:

Mari Membaca

·         Bacalah teks yang ada pada kolom dibawah ini.

 

 

 

 

 

 

 


L.     Pertanyaan

Berdasarkan hasil membaca kalian jawablah pertanyaan berikut.

 

 


1.      Apa kewajibanmu terhadap tumbuhan yang ada di sekitar?

 

 

 

2.      Manfaat apa yang bisa kamu peroleh dari bunga?

 

 

 

 


3.      Apabila tumbuhan berbunga wangi, apa yang sebaiknya kamu lakukan?

 

 

 

 

 


A.    Latihan

1.      Yang bukan bagian-bagian tumbuhan adalah…

a.       batu, batang, tanah

b.      daun, batang, bunga

c.       daun, batang, akar,

d.      akar, daun, bunga

2.      Description: C:\Users\ASUS\Downloads\WALPAPER PPT\akar.jpgApa fungsi akar pada tumbuhan…

a.       Bagian yang mengokohkan tumbuhan

b.      Sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis

c.       Berfungsi melindungi biji

d.      Tempat munculnya daun

3.      Description: C:\Users\ASUS\Downloads\WALPAPER PPT\807943-6-11-meaning-of-sunflowers-images.jpgApa fungsi dari bunga pada tumbuhan…

a.       Bagian yang mengokohkan tumbuhan

b.      Sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis

c.       Berfungsi melindungi biji

d.      Alat perkembangbiakan tumbuhan

4.      Apa yang harus kita lakukan untuk mengupayakan kelestarian lingkungan kecuali…

a.       Menanam pohon

b.      Membuang sampah pada tempatnya

c.       Menjaga kelsterian lingkungan sekitar

d.      Melakukan penebangan liar

5.      Apa saja yang harus di persiapkan untuk menanam tumbuhan kecuali…

a.       Pupuk

b.      Tanah

c.       Benih

d.      Koran

 

 

 

B.     Daftar Pustaka

Buku guru BSE Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup.

Buku siswa BSE Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemikiran Richard L. Lanigan

Fungsi Batin Terhadap Pembentukan Kepribadain

Pertanyaan Filsafat Imanuel Kant