perangkat microteaching (kelas 4, tema 3, subtema 1, pembelajaran 3)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN PENDIDKAN :
SDN 2 Bojongmenteng
KELAS / SEMESTER :
IV (Empat) / 1
TEMA 3 :
Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema 1 :
Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran :
3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (1 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
IPA
Kompetensi
Dasar
3.8 Menjelaskan pentingnya
upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam
bersama orang-orang di lingkungannya.
Indikator
3.8.1 Mengidentifikasi struktur bagian tumbuhan
melalui gambar media yang telah di siapkan oleh guru.
4.8.1 Mengetahui fungsi bagian-bagian tumbuhan
4.8.2 Memperaktekan upaya pelestarian sumberdaya alam
dengan menanam tumbuhan di kelas.
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar
3.3
Mengenali informasi dari seorang tokoh melalui
wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
4.3 Melaporkan hasil
wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif bentuk teks tulisan.
Indikator
3.3.1 Mengidentifikasi tokoh melalui pengamatan tumbuhan yang di perlihatkan
oleh guru melalui media big book’s.
3.3.2 Memperluas pengetahuan dengan menjawab pertanyaan yang disajikan dalam
bentuk LKS.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati gambar-gambar bagian-bagian
tumbuhan, siswa mampu mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
dengan benar.
2. Setelah mengamati bagian-bagian tumbuhan siswa mampu
menulis laporan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dengan benar.
3. Setelah mengetahui bagian-bagian tumbuhan siswa dapat
melakukan upaya pelstarian lingkungan dengan menanam tanaman bersama dikelas.
4. Setelah membaca dan mengamati gambar yang ada di media
siswa dapat membuat daftar pertanyaan dan menjawab pertanyaan
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Gerak dasar (Jalan, lari, lompat, lempar, menekuk,
mengayun, memilin, meregang, melempar, menangkap, memantul, menendang) dalam
bentuk permainan
2.
Dongeng
E. MODEL, PENDEKATAN, DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran :
Picture and Picture
2. Pendekatan Pembelajaran : Inkuairi
3. Metode Pembelajaran :
Kombinasi, Exsperimen
F.
MEDIA DAN
SUMBER BEAJAR
1. Media :
Big Book’s
2. Sumber Belajar : Buku guru dan Buku Siswa
BSE
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
F Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Dengan
dipimpin oleh salah satu siswa. F Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran. F Guru menanyakan pembelajaran minggu sebelumnnya. F Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengomunikasikan dan menyimpulkan. F Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. |
10 menit |
Inti |
Menanya F Sebagai
pembuka kegiatan berikut, guru
bertanya tumbuhan apa saja yang mereka lihat ketika berangkat sekolah. F Guru bertanya apa saja bagian-bagian pada tumbuhan
yang mereka lihat. F Siswa menyebutkan bagian-bagian tumbuhan berdasarkan
apa yang di lihat oleh siswa Mengekplorasi
(mengumpulkan informasi) F Guru memperlihatkan gambar pohon dan siswa menyebutkan
urutan bagian-bagian tumbuhan bedasarkan urutannya. F Guru meminta salah satu siswa secara bergantian
untuk membacakan fungsi bagian-bagian tumbuhan didepan menggunakan media yang
telah di siapkan. Mengasosiasi F Siswa
diminta untuk membuat kelompok
menjadi 4 kelompok. F Siswa melakukan upaya pelestarian lingkungan dengan
mempraktikan cara penanaman pohon/biji di kelas dengan media yang telah di
siapkan oleh guru. Dengan melihat pada LKS kelompok, dengan menyanikan lagu
menanam jagung. F Salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan cara
menanam jagung F Setelah
menyampaikan hasil diskusi, siswa memperluas pengetahuan mereka dengan
membaca senyap
teks tentang bagian-bagian tumbuhan yang telah di bagikan oleh
guru kepada setiap kelompok. Mengamati F Siswa kemudian berdiskusi
beberapa teman kelompok untuk menjawab pertanyaan tentang bagian tumbuhan
lain yang berfungsi untuk mempertahankan kelestarian tumbuhan. Mengkomunikasikan F Siswa mempresentasikan hasil jawaban kelompoknya
masing-masing. F Guru memberi penguatan dengan hasil jawaban siswa. Pengayaan
F Siswa dapat membaca lebih
lanjut tentang bagian-bagian
tumbuhan. Remedial F Siswa yang belum mampu
menyelesaikan membaca dan menjawab pertnyaan
dibimbing langsung oleh guru. |
35 menit x
30 JP |
Penutup |
F Guru dan siswa bersama sama merangkum materi
pembelajaran. F Siswa dan Guru merefliksi kegiatan pembelajaran. F Guru memberikan gambaran mengenai kegiatan pembelajaran
pertemuan berikutnya F Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan membaca doa. |
15
menit |
A.
Penilaian
Pembelajaran
Kognitif
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen Penilaian |
Tes Tulis |
PG |
Penugasan |
LKDP |
Sikap
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen Penilaian |
Skala Sikap |
Daftar cek |
Keterampilan
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen Penilaian |
Unjuk Kerja |
Daftar cek |
|
|
Serang, ……………… |
Mengetahui, |
|
Guru Praktik |
Kepala Sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Siti Mariyam |
NIP. |
|
NIM. 2227150066 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PERANGKAT
PENILAIAN
A. Instrumen
Penilaian
1.
Kisi-kisi Soal
FORMAT KISI-KISI
Jenjang Sekolah :
SDN 2 Bojongmenteng
Tema/ Subtema :
3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup / 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Kelas :
IV
Kompetensi Inti :
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator |
Bentuk Instrumen |
Nomor Butir |
1. |
3.8Menjelaskan pentingnya
upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya. |
Mengenal bagian-bagian tumbuhan |
3.8.1Mengidentifikasi struktur bagian tumbuhan
melalui gambar media yang telah di siapkan oleh guru. 4.8.1Mengetahui manfaat tumbuhan terhadap
pelestarian lingkungan |
Tulis |
4 |
2. |
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya
alam bersama orang-orang di lingkungannya. |
Pelestarian Lingkungan |
4.8.2 Memperaktekan upaya pelestarian
sumberdaya alam dengan menanam tumbuhan di kelas. |
Tulis |
1 |
2.
Lembar Penilaian
a.
Penilaian
Kognitif (Tes Tulis)
Soal Evaluasi
Nama :
Jenjang Sekolah :
SDN 2 Bojongmenteng
Tema/ Subtema :
3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup / 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Kelas :
IV
b. Penilaian Sikap (Skala Sikap)
Lembar Pengamatan Guru
No. |
Nama Siswa |
Pengamatan Guru terhadap Siswa |
|||||||||||
Percaya Diri |
Tanggung Jawab |
Kerja Keras |
|||||||||||
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Penilaian
Keterampilan (Unjuk Kerja)
Melakukan kegiatan upaya
pelestarian lingkungan dengan menanam tanaman.
No. |
Nama Siswa |
Kriteria |
Predikat |
|||
Menanam tumbuhan didalam pot |
Langkah-langkah kegiatan berdasarkan LKPD |
Menanam tumbuhan dengan rapi |
Melakukan menanam tumbuhan dengan benar |
|||
1. |
|
ü |
ü |
ü |
ü |
Sangat baik |
2. |
|
ü |
ü |
ü |
- |
Baik |
3. |
|
ü |
ü |
- |
- |
Cukup |
4. |
|
ü |
- |
- |
- |
Perlu Bimbingan |
5. |
… |
|
|
|
|
|
B. Pedoman
Penskoran
1.
Penilaian
Kognitif
Skor
butir benar = 10
Skor
butir salah = 0
Rumus
pengolahan data: = 100
C. Rubrik
Penskoran
1.
Penilaian Sikap
Skor
4, apabila sikap siswa sangat membudaya.
Skor
3, apabila sikap siswa mulai berkembang.
Skor
2, apabila sikap siswa mulai terlihat.
Skor
1, apabila sikap siswa belum terlihat.
2.
Penilaian
Keterampilan
Skala
Penilaian:
·
Berpredikat
sangat baik, apabila siswa mendapatkan empat cek dari keempat keterampilan yang
ditentukan.
·
Berpredikat
baik, apabila siswa mendapatkan tiga cek dari keempat keterampilan yang
ditentukan.
·
Berpredikat
cukup, apabila siswa mendapatkan dua ceklis dari keempat keterampilan yang
ditentukan.
·
Berpredikat
perlu bimbingan, apabila siswa hanya mendapatkan satu ceklis dari keempat
keterampilan yang ditentukan.
MEDIA PEMBELAJARAN
FORMAT 1
Jenjang Sekolah :
SDN 2 Bojongmenteng
Tema/ Subtema :
3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup / 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Kelas :
IV
Kompetensi
Inti :
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
Indikator :
3.8.1 Mengidentifikasi struktur bagian tumbuhan
melalui gambar media yang telah di siapkan oleh guru.
4.8.1 Mengetahui manfaat tumbuhan terhadap pelestarian lingkungan
4.8.2 Memperaktekan upaya
pelestarian sumberdaya alam dengan menanam tumbuhan di kelas.
Spesifikasi
1.
Jenis media : Visual diam
2.
Ukuran :
A0
3.
Cara penggunaan :
a.
Guru
memperlihatkan gambar tumbuhan dan mengidentifuikasi bagian-bagian tumbuhan
b.
Guru meminta
salah satu siswa untuk membaca bagian-bagian tumbuhan secara bergantian.
4.
Alat dan bahan
pembuatan :
a.
Alat: gunting,
penggaris, penghapus, pensil, pensil perekat, lem.
b.
Bahan: karton, kertas,
kardus, origami, kalender bekas.
5.
Cara pembuatan :
a.
Siapkan karton,
ukur karton disesuaikan dengan gambar yang akan dibuat (daun. Batang, bunga,
buah )
b.
Gambarlah daun
batang, bunga, buah pada setiap karton yang sudah disiapkan.
c.
Siapkan kalender.
Tempelkan daun. Batang, bunga, buah pada kalender bekas. Gambar pohon selsesai.
d.
Kemudian,
tempelkan fungs bagian-bagian pada setiap bagian-bagiannya.
e.
Media siap
digunakan.
6.
Desain :
MEDIA PEMBELAJARAN
FORMAT 2
Identitas
SATUAN PENDIDKAN :
SDN 2 Bojongmenteng
KELAS / SEMESTER :
IV (Empat) / 1
TEMA 3 :
Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema 1 :
Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Kompetensi
Inti :
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
Indikator :
4.8.2
Memperaktekan upaya pelestarian sumberdaya alam dengan menanam tumbuhan di
kelas.
Spesifikasi
1.
Jenis media : visual mati
2.
Ukuran :
-
3.
Cara penggunaan :
a.
Siapkan gelas
plastik bekas (untuk pot)
b.
Siapkan
biji-bijian
c.
Tanah dan air
4.
Desain :
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKDP 1)
A.
Kompetensi
Dasar
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya
alam bersama orang-orang di
lingkungannya.
B.
Indikator
4.8.1 Memperaktekan upaya pelestarian sumberdaya
alam dengan menanam tumbuhan di kelas.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah mengetahui bagian-bagian tumbuhan siswa
dapat melakukan upaya pelstarian lingkungan dengan menanam tanaman bersama
dikelas.
2. Setelah membaca dan mengamati gambar yang ada di
media siswa dapat membuat daftar pertanyaan dan menjawab pertanyaan
D.
Materi
Upaya Pelestarian
Lingkungan
Usaha-usaha
pelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab kita sebagai manusia.
Dalam hal ini, usaha pelestarian lingkungan hidup tidak hanya merupakan
tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tanggung jawab bersama antara
pemerintah dengan masyarakat.
E.
Kegiatan :
1.
Ayo
Bercocok Tanam
·
Siapkan pot atau gelas plastik
bekas untuk di jadikan pot tanah.
·
Siapkan biji-bijian
seperti jagung, kacang dan lain-lain
2.
Ayo
Mencoba.
·
Isi pot dengan tanah
yang sudah disiapkan
·
Masukan biji-bjian
kedalam tanah yang ada di pot
·
Siram sedikit air pada
pot.
F.
Pertanyaan
1. Apa
manfaat tumbuhan untuk kelestarian lingkungan?
2. Bagaimana
jika tidak ada tumbuhan?
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKDP 2)
G.
Kompetensi
Dasar
3.3
Mengenali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan
daftar pertanyaan.
4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata
baku dan kalimat efektif bentuk teks tulisan.
H.
Indikator
1. Membaca
dan mengamati teks pada kolom.
2. Menjawab
pertanyaan dengan tepat dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
I.
Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
membaca teks pada kolom siswa mampu menjawab pertanyaan pada kolom dengan
menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.
2. Setelah
mengisi pertanyaan pada LKPD, siswa mampu memahami dan membuat pertanyaan untuk
membuat instrument wawancara.
J.
Materi
Wawancara
Wawancara
merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dan
berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Tujuan dari wawancara adalah
untuk mendapatkan informasi yang tepat dari narasumber yang terpercaya.
Wawancara dilakukan dengan cara penyampaian sejumlah pertanyaan dari
pewawancara kepada narasumber.
K.
Kegiatan:
Mari Membaca
·
Bacalah teks
yang ada pada kolom dibawah ini.
L.
Pertanyaan
Berdasarkan
hasil membaca kalian jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa
kewajibanmu terhadap tumbuhan yang ada di sekitar?
2. Manfaat
apa yang bisa kamu peroleh dari bunga?
3. Apabila
tumbuhan berbunga wangi, apa yang sebaiknya kamu lakukan?
A. Latihan
1.
Yang bukan bagian-bagian tumbuhan adalah…
a.
batu, batang, tanah
b.
daun, batang, bunga
c.
daun, batang, akar,
d.
akar, daun, bunga
2.
Apa fungsi akar pada
tumbuhan…
a.
Bagian yang mengokohkan tumbuhan
b.
Sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis
c.
Berfungsi melindungi biji
d.
Tempat munculnya daun
3.
Apa fungsi dari bunga pada tumbuhan…
a.
Bagian yang mengokohkan tumbuhan
b.
Sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis
c.
Berfungsi melindungi biji
d.
Alat perkembangbiakan tumbuhan
4.
Apa yang harus kita lakukan untuk mengupayakan kelestarian lingkungan
kecuali…
a.
Menanam pohon
b.
Membuang sampah pada tempatnya
c.
Menjaga kelsterian lingkungan sekitar
d.
Melakukan penebangan liar
5.
Apa saja yang harus di persiapkan untuk menanam tumbuhan kecuali…
a.
Pupuk
b.
Tanah
c.
Benih
d.
Koran
B. Daftar Pustaka
Buku guru BSE Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup.
Buku siswa BSE Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup.
Komentar
Posting Komentar